BUDGET KE BROMO 2018 DARI BALI

7:40 AM

Tahun ini saya sangat senang, karena saya merencanakan untuk berlibur ke Bromo. Awalnya saya hanya berencana berangkat sendiri. Namun ternyata beberapa teman saya tertarik dan ingin mengikuti open trip saya ke Taman Nasional Gunung Bromo. Maret 2018 lalu saya membuat itinerary trip bromo untuk 7 orang. Beirut rute perjalanan saya menuju bromo :

1. Berangkat dari Denpasar - Malang Menggunakan Travel
Saya menggunakan Jasa Ladju Travel Denpasar - Malang dengan Biaya Rp. 210.000. Saya mendapat giliran penjemputan pukul 18:30 WITA. Sekitar jam 19.00 WITA kami berangkat menuju Malang.

Travel Ladju ini saya rasa sangat nyaman. Selain itu ada fasilitas pengisi daya, sehingga kita tidak usah khawatir kehabisan daya handphone. Dengan harga sekian kami mendapatkan makan malam sebelum Pelabuhan Gilimanuk.

Saya tiba di Malang sekitar pukul 07.00 WIB dan langsung menuju ke Kost an teman saya bernama Suci. Ini bisa menghemat tempat singgah sebelum ke Bromo, sembari menunggu teman - teman lain datang dari Solo & Jogja (Restu, Shinta), Palembang (Nia), Surabaya (Dewi), Semarang (Rachma) saya bersama suci mencari sarapan dan berfoto - foto di beberapa titik di kota Malang.

2. Menuju Gunung Bromo
Untuk menuju Bromo kami menggunakan Travel Agent "Bromo Alvis". Saya mendapatkannya dari Instagram. Biaya jasa jeep dan penjemputan ke Bromo sesear Rp. 250.000 tanpa minimun orang. Jadi teman - teman bisa mendapat harga Rp. 250.000 meskipun trip seorang diri.

Penjemputan di kost suci pukul 24.00 WIB lalu kami di bawa ke pos trip bromo yang lain. Kami di jemput menggunakan mobil avanza dan setelah sampai di pos kami berganti kendaraan berupa Jeep.

Setelah menaiki Jeep kami dibawa menuju Taman Nasional Gunung Bromo. Saya pun tertidur karena memang timing nya adalah jam tidur saya.

PENANJAKAN 1
Sesampainya di Bromo kami langsung jalan menuju ke pananjakan 1 untuk menyaksikan terbitnya sang mentari. Udaranya dingin banget loh. Buat temen - temen yang kurang kuat sama dingin saya sarankan menggunakan jaket tebal atau baju yang berlapis. Karena sebelum sunrise muncul udaranya sangat dingin menusuk tulang.
Mencoba Foto Slow Speed Tanpa Tripod
Penampakan sang mentari dari ufuk timur
Suasana Saat itu Sangat Ramai Pengunjung

Setelah puas melihat sunrise dan gunung - gunung dari penanjakan, lalu kita turun kembali untuk ke pos selanjutnya.

KAWAH GUNUNG BROMO
Setelah Penanjakan kami di giring ke kawasan kawah gunung Bromo. Namun karena 1 grup kita ini lemah, kami cukup puas foto - foto di bawah saja. Cuaca di bawah sini sangat ekstrim perubahannya. Saat di penanjakan suhunya sangat dingin, namun sesampainya di kawasan kawah cuaca sangat panas dan terik. Kira - kira kami sampai di kawasan ini pukul 07.30 WIB. Perlu juga membawa sunblock.
Penampakan Jeep Kita

Trip bromo kali ini kami mendapatkan dua teman baru dari Kuala Lumpur. Mereka satu rombongan dengan kami.
Biar Anget Makan Pop Mie Dulu

PASIR BERBISIK
Setelah puas berfoto di kawasan kawah bromo kami digiring kembali menuju pasir berbisik. Yup, disini terdapat fenomena pasir berbisik karena ketika angin bertiup, butiran - butiran pasir akan berterbangan dan akan terdengar seperti bisikan ke telinga. Disini suhu nya sangat panas dan terik. Perlu untuk teman - teman membawa kacamata hitam atau masker, karena pasir - pasir yang berbisik itu akan terbang mengikuti angin.
Penampakan dua Jeep Kita
Karena saya tipikal orang yang memiliki Alergi debu, saya harus melindungi pernafasan saya
Pasir Berbisik di belakang saya yang sedang berterbangan
Teman Saya Suci

Penampakan Pasir Berbisik Bisa di Lihat di belakang wanita - wanita ini, seperti awan terbang

SAVANA BROMO
Sampailah kita di destinasi terakhir dari Taman Nasional Bromo Tender Semeru, yaitu Savana Bromo. Sebenarnya ini bukan destinasi terakhir, masih ada bukit teletubies, tapi karena menurut kami sudah terlalu panas, dan kembali lagi, kami adalah grup yang lemah. Akhirnya kami memutuskan padang savana ini tempat terakhir kita. Kami juga sudah cukup puas menikmati keindahan bromo saat itu. Berikut foto - foto kami :

TOTAL BIAYA KE BROMO SAJA ( Rp. 462.000 )
Transport Tergantung daerah asal.

Denpasar - Malang : Rp. 210.000
Bromo Alvis           : Rp. 250.000 (sudah include minum)